Silvikultur : Dari Nama yang Unik, Hingga Tujuan Mulia

Selamat datang di bulan Februari. Sepertinya baru kemarin kita melewati pergantian tahun dari 2011 ke 2012, eh ujug-ujug udah masuk bulan Februari. Eitss, saya tidak akan berbicara mengenai perayaan valentine yang biasanya dirayakan pada bulan ini, namun saya ingin sedikit menyinggung tentang pelaksanaan SNMPTN 2012. Yaps, sedikit informasi saja bagi kalian yang sedang duduk di bangku kelas XII SMA, inilah jadwal jalur undangan SNMPTN 2012 :

Pendaftaran Jalur Undangan 1 Februari – 8 Maret 2012 pukul 22.00 WIB
Seleksi Jalur Undangan 9 Maret – 15 Mei 2012
Pengumuman Jalur Undangan 28 Mei 2012 pukul 18.00 WIB
Pendaftaran Ulang yang diterima 12 – 13 Juni 2012

Sumber : www.snmptn.ac.id

Tapi, sebenarnya yang akan saya bahas lebih dalam bukan mengenai SNMPTN 2012. Beberapa waktu terakhir, banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke inbox handphone saya, seputar Silvikultur IPB. So here we go

Jika ditanya Silvikultur itu apa, saya sendiri sebagai mahasiswa tingkat dua program studi Silvikultur masih bingung harus menjawab apa. Tiap kali ditanya, “Jurusan apa, Mbak?”, saya punya dua alternatif jawaban, kalau yang bertanya golongan tua, saya akan menjawab Kehutanan, Pak, Bu. Tapi kalau yang bertanya golongan muda, saya akan menjawab, Silvikultur, coy. Tapi biasanya, setelah jawaban tersebut, malah respon yang ada justru alis naik sebelah. Haha. Namanya unyu, tapi kok masuk golongan Fakultas Kehutanan. Akhirnya, saya hanya menjawab ulang dengan dua kata, Budidaya Hutan.

Tapi, Silvikultur tidak dapat disejajarkan begitu saja dengan istilah budidaya hutan. Meskipun, bukan hal yang salah juga jika ada yang mengartikan dari pecahan Silvi = Hutan dan Kultur = Budidaya. But, budidaya hutan seolah hanya dekat dengan kegiatan bercocok tanam tumbuhan hutan. Padahal, ketika sudah mengetahui lebih lanjut tentang Silvikultur, Silvikultur bukan hanya sekedar itu. Silvikultur bukan kita menanam hari ini dan kemudian seminggu, dua minggu dapat langsung dipanen. Tapi Silvikultur adalah bagaimana kita menanam hari ini, merawatnya dan kemudian yang memanennya adalah anak cucu kita. #muliaEuy

Silvikultur bukan hanya sekedar menanam pada lahan yang subur saja, namun Silvikultur juga tentang bagaimana kita mengubah hambatan lahan bekas tambang menjadi peluang untuk menghijaukannya kembali. #reklamasi *jangan heran kalau ada sarjana kehutanan yang kerja di perusahaan tambang*

Analogi yang saya buat di Buku Tugas Belantara

Dendrologi, Genetika Hutan, Pemuliaan Pohon, Teknologi Perbanyakan Tanaman Hutan, Kebakaran Hutan dan Pengelolaan Nutrisi Hutan adalah sebagian mata kuliah yang ada di program studi Silvikultur.

Gimana? Masih ragu buat bergabung di program studi Silvikultur? Masih takut ntar pas lulus kerja dimana? Sebagai apa? Lihat analogi yang saya buat di atas deh. Saat ini, ada 65 juta hektar kawasan hutan Indonesia yang rusak. Apabila kawasan tersebut tidak segera ditangani oleh para silvikulturis yang handal, bukan tidak mungkin akan mengganggu keseimbangan lingkungan.

At last but not least, kenapa harus Silvikultur IPB, Mbak? Kan jauh dari rumah? Ntar homesick gimana? IPB adalah sebuah kampus kehidupan. Ada banyak cerita, suka dan duka tinggal di perantauan yang nantinya akan terbungkus menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan kita dapatkan di tempat lain. Akan ada sensasi menabung rindu kampung halaman bagi kalian yang memutuskan untuk merantau demi mendapatkan ilmu. #halah /plaaak :mrgreen:

Tapi, Mbak, ntar biaya hidup mahal? Uang kuliah mahal, gimana dong? Jangan takut, beasiswa di IPB berceceran hehe. Apalagi di Fakultas Kehutanan, jiwa satu korsa, yang mendorong seluruh elemen untuk menyisihkan lembar demi lembar bagi teman-teman yang kesulitan membayar biaya kuliah. :-)

Yang penting, jangan pernah takut mencoba, berusaha dan berdoa. Dan satu lagi, pilih Silvikultur IPB. #promo :D

78 thoughts on “Silvikultur : Dari Nama yang Unik, Hingga Tujuan Mulia

  1. Ahmad Alkadri says:

    Sok-sokan tuh gambarnya, sok-sokan… #beginRant.
    Sekalipun Silvikultur udah nanem hutan dan menghijaukan lahan tertandus sekalipun, hutan yang tumbuh nggak akan bisa lestari jika hutan tak bisa dimanfaatkan (Tugas Hasil Hutan). Dan dalam pemanfaatan, harus ada manajemen yang baik (Tugas Manajemen Hutan). Dan untuk mengeksplor wilayah baru, untuk memanfaatkan hutan secara ekowisata/non-pemanenan, dibutuhkan orang-orang KSHE. Semuanya sejajar euy… gak kaya’ yang di ilustrasi itu euy… #endRant

    Teuteup, Kehutanan IPB tuh top banget. Semuanya terakreditasi A cuy! Nggak diragukan lagi kualitasnya, baik fasilitas, pengajar, maupun mahasiswanya! Liat aja mas Diki di atas, mas Alkadri ini #ditendang :mrgreen: Pokoknya buat adek-adek, teman-teman semua yang berminat gabung di bidang Kehutanan, menjadi seorang Rimbawan, jangan ragu, bergabunglah dengan kami dalam Keluarga Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor!!

    ….

    ….ya, jadinya saya ikut-ikutan promosi di kolom komentar blognya Momo. Haha. Oh well. Pergi ah :mrgreen:

    • Yaps, saya setuju banget sama komentarnya Mas Alkadri ini. :mrgreen:

      Apalagi, kalau bertemu dengan orang-orang hebat seperti Mbak Hevi, Mas Diki sama Mas Alkadri, dijamin enggak rugi bergabung di Fakultas Kehutanan IPB.

      -______________-”

  2. dea says:

    waah… Makasih bnyak ya mbak atas penjelasannya tentang Silvikultur. Awalnya sedikit Pesimis ttg Silvikultur. Tp setelah saya baca ini, saya jadi yakin Insya Allah buat ambil ini. :) (tp pilihan ke2 sih :D ) tapi, Terima kasih Banyak ya mbak :)

  3. amelia wardiman says:

    kakak, saya sudah diterima di silvikultur, hemmmm alhamdulillah pilihan saya tepat :) awalnya saya pun bertanya apa itu silvikultur :) terimakasih kakak sudah diperjelas :)

  4. Aii says:

    assalamu’alaikum mbak,,,
    mbak, alhamdulillah sya lulus undangan di Silvikultur IPB,
    sma sprti yg mbak tlis d ats,
    wktu sya blang sya lulus di Silvikultur, org2 pada bingung,
    smua pda nnya’, “apaan tuh,???”
    hmmmm,,
    trima kasih sdah d beri pnjlasan mbak,,,
    ^^

  5. Ratma Budi says:

    Assalamu’alaikum,
    Anak saya masuk di jurusan Silvikultur… keluarga mendukung penuh dia bisa masuk di jurusan yang sesuai dengan minatnya. Permasalahan yang harus saya pecahkan sekarang untuk Daftar Ulang tanggal 12-13 Juni mendatang saya masih kebingungan dengan pondokan untuk beberapa hari itu. Barangkali mbaklina bisa memberi masukan tempat yang dekat & mudah aksesnya dengan kampus? Kami tinggal di Kabupaten Bandung – Bandung Selatan. Masukannya sangat saya nantikan.

    • Wassalamu’alaikum…
      Pak Ratma Budi, selamat untuk putranya yang sudah diterima di Silvikultur IPB. Begini, Pak, kalau di IPB itu ada yang namanya Organisasi Mahasiswa Daerah (OMDA) yang biasanya turut membantu dalam proses registrasi ulang mahasiswa baru, termasuk masalah penginapan. Saya sendiri dari Rembang, punya yang namanya HKRB (Himpunan Keluarga Rembang di Bogor) dan kami ikut membantu masalah penginapan mahasiswa baru dari Rembang. Nah, untuk teman-teman dari Bandung, mereka punya yang namanya Pamaung (Paguyuban Mahasiswa Bandung), kalau ibu berkenan bisa menghubungi saya di 085641359486, nanti saya hubungkan dengan teman-teman Pamaung.
      Nuhun :)

  6. Assalamualaikum… I’M Here… Saya Rizky Rahadian Ramdhany Ketua Organisasi Mahasiswa Daerah Bandung dan Sekitarnya.. ini kontak saya bu 085624270405, nanti masalah penginapan mungkin bisa tinggal di kontrakan kka kelas yang asalnya dari Bandung juga :D Hatur Nuhun

    • Halo, salam kenal Gea. Kalau mau ingin tahu lebih lanjut mengenai Manajemen Sumber daya Lahan (MSL) IPB, silakan buka web-nya di http://soil.ipb.ac.id/ atau silakan email saya nomor handphone kamu agar bisa saya hubungkan langsung dg teman saya yang kuliah di jurusan tersebut. Terima kasih ^^

  7. mbak, saya mau milih silvikultur, tapi masih ragu, takutnya temen sekelas cewek semua wkwk
    kira2 perbandingan cewek sama cowok berapa ya mbak ?
    trima kasih, saya pantau terus personal blog ini :)

    • Halo Bayu!
      haha perbandingan, berapa yaa… enggak beda jauh ah. Sama aja. Khan Silvikultur masuk dalam naungan Fakultas Kehutanan, namanya juga Fakultas Kehutanan, keberadaan pria-pria tangguh masih sangat dibutuhkan.

      Jadi masih malu lagi? Aku ketawain lho *eh :D

  8. yum says:

    wah…lg nyari2 info tntang silvikultur.. nemu blog ini..
    makasih infonya y mbak :).. jadi makin mantap masuk silvikulturnya nih..
    mudah2an ntar bisa ktemu ma yg punya blog..
    mw bilang makasih.. heheh..:)

  9. nisa says:

    Mau bertanya ni
    kira-kira daya tampung silvikultur IPB untuk SBMPTN itu berapa kursi lagi ?

    di tunggu jawabannya

  10. heldy says:

    Mba sya mau tanya, kira2 persentase penerimaan mahasiswa di kehutanan ini utk murid sekolah swasta gmna?
    Sya pernah denger dari org” klo dari sekolah negeri lebih di prioritaskan.

    • Setahu saya saat ini masuk universitas itu khan melalui SNMPTN (undangan/tulis) jadi asalkan sekolah kamu terdaftar di pangkal data SNMPTN ya berarti bisa ikut daftar. Soal prioritas yang diterima itu khan tergantung nilai tiap individu dan memang rate sekolah juga ikut dipertimbangkan, misalnya soal akreditasi.

      • heldy says:

        Heheh iya sih, Sya pernah masuk ikut lomba yg diadain silvikultur, pertama masuk bingung bgt silvikultur apaan, jd kebayang cwe yg nmanya silvia hahaha

  11. Haura Khansa says:

    ka aku silvikultur’50 lewat SBMPTN ^^ nanti kalo ketemu siap2 ditodong banyak pertanyaan ya ka ^^

  12. dian says:

    aduhh kaa makasih banyak yaa atas infonya!!!
    ntar kalo saya udh kelas 12 saya bakal milih jurusan silvikultur kok :D
    soalnya dari masuk smp sampe kelas 10 ini saya suka banget sama yang namanya HUTAN!
    Doain juga ka moga aja bisa masuk IPB yang juga universitas favorit saya :D
    Oya ka saya mau nanya juga, kalo jadi silvikulturis itu bisa pergi ke seluruh indonesia ya kaa?? kalo luar negeri kemungkinan bisa ga tuh ka???
    makasih ka sebelumnyaa

  13. Ira says:

    Assalamu’alaikum :)
    sebelumnya salam kenal ya mba
    sebelum aku mampir ke blog ini, aku habis curhat sama Allah tentang jurusan apa yang terbaik buat aku khususnya di ipb. Abs itu aku iseng2 browsing tentng jurusan2 di ipb, eh ga sengaja nemu judul blog tentang silvikultur ini, awalnya aku sama sekali gatau apa itu silvikultur aku jga baru tau setelah bca blog ini kalau silvikultur itu trmsk jurusan tentang kehutan. Pas baca penjelasan mba tentang silvikultur gatau knp aku langsung jtuh cinta sama jurusan yg satu ini, mugkin ini jwbn dari Allah kali ya, dan aku harap bgtu. do’akan aku masuk jalur undangan jurusan silvikultur di ipb ya mba, terimakasih sebelumnya :)

  14. winda says:

    mba aku lagi bingung nih antara D3 or S1. klw S1 ktnya tergantung nilai individu… nah aku tertarik di silvikultur ,… nilai nilai yang di rekomendasikan rata rata berapa? mohon mohon dengan sangat untuk dijawab.kakak sendiri ikut jalur apa bagi pengalamannya ya ka dan nilai kaka ? apa peluangnya besar?

    • Kalau untuk masuk ke IPB, karena kami basic-nya adl ilmu pengetahuan alam. Jadi memang biasanya nilai yang dilihat adalah Matematika, Fisika, Kimia, Biologi. Silakan bisa hubungi saya melalui sms. Terima kasih.

  15. dwi says:

    sebenarnya aq juga pingin masuk jurusan silvikultur juga mbak. tapi takut gajinya nggak mencukupi. trus jadi apa setelah lulus selain di pertambangan??

  16. Dara Tari says:

    Assalamualaikum kak
    Pengen banget ambil jurusan ini tapi takut saingannya berat
    Kalo buat masuk ke jurusan ini biologinya harus mantep ya kak?trus lap kerjanya banyak nggak?terima kasih :3

  17. i very love silvikultur, next time, i hope i can be succes human from graduation of IPB. amiiin… i want to make of Indonesia be forest biggest in the word

  18. alisa says:

    assalammualaikum ka, mau tanya dong kan klo silvik sering jalan2 gitu ya, nah itu biaya ny gmna? terima kasih ka :)

  19. deya says:

    nilai rata2 buat masuk prodi KSHE brp ya mbak? takut nggak ktrima :D saya milih itu sbg prodi 1 buat snmptn, saya barusan sms tp blm terkirim, mohon info2nya mbak, pengen dan niat bgt soalnya :D

  20. Arista says:

    Bismillah.. semoga bisa diterima difakultas ini. Maklum kelas XII mah lagi sibuk”nya milih jurusan yg sesuai ehehe :-D
    Makasih banyak mba udah berbagi ilmu tentang silvikultur, doakan aku mba semoga bisa masuk fakultas silvikultur tahun 2015 jalur snmptn amin… aku minat banget sama fakultas ini :)

  21. Gnite says:

    assalamu’alaikum. Mbak, mau nanya nih. Kalau masuk silvikultur ada syarat fisiknya nggak? Semisal tinggi badan minimal, minus mata, dsb? Kalau ada syarat nya apa aja?
    Makasih sebelumnya.

  22. hallo mbak, salam kenal. saya fadhel anak kelas 12 yang sedang galau :v sebenernya saya lagi nulis angket tentang minat studi setelah lulus sma dari guru bk. saya dari jurusan ipa, tapi kebanyakan minat saya di seni (ips lah ya jadinya), mungkin untuk minat gila saya itu saya pertaruhkan di sbmptn, kalo snmptn rawan juga anak ipa milih ips. oke pilihan pertama untuk snmptn saya emang udah minat ke planologi. bingung nih yang kedua, iseng2 nyari kesana kemari dari universitas A sampe Z, eh ada yang buat saya tertarik, ya ini, silvikultur. saya baca dari awal sampe akhir, ya gajauh-jauh dari hutan lah ya, dan bagi saya sangat menarik, entah kenapa, padahal saya tipe orang yang bisa seharian tiduran di kamar hanya untuk sekedar baca komik ataupun ngegame. oke mau nanya juga nih kalo masuk silvikultur suka dukanya apa ya mbak? ada syarat-syarat aneh gak mbak buat masuk silvikultur, misalnya mata ga boleh min, ataupun harus bisa ini itu. dan biasanya setiap tahun nerima berapa anak ya mbak untuk jurusan silvikultur sendir?. bdw, terimakasih blognya sangat bermanfaat :D

Leave a Reply

